Konfigurasi Roundcube Webmail

Haloo pluviors melanjutkan yang artikel sebelumnya Mail Server , sekarang ketahui lah apa itu Roundcube webmail, apa kelebihannya dibanding aplikasi webmail sejenis serta bagaimana cara install dan konfigurasinya!


Apa itu Roundcube?

Roundcube adalah salah satu aplikasi webmail dengan basis IMAP. Roundcube ditulis dengan bahasa pemograman PHP. Fitur yang jadi andalan dari aplikasi webmail satu ini adalah penggunaan Ajax. Ajax digunakan untuk memberikan informasi terkait email yang lebih responsif dibandingkan aplikasi webmail lainnya yang cenderung kuno dan kurang canggih.

Kelebihan Roundcube

Ada banyak sebenarnya kelebihan dari aplikasi webmail satu ini, berikut beberapa diantaranya:
  • Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, ada penggunaan teknologi Ajax ada aplikasinya sehingga teknologinya tentu bisa dibilang canggih, bila dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang cenderung kuno atau basic.
  • Karena ditulis dengan bahasa pemrograman PHP, Anda pastinya bisa lihat sendiri interface yang modern dan tergolong intuitif.
  • Aplikasi webmail satu ini juga termasuk lengkap dengan beragam fitur yang sering dibutuhkan pada email client. Ada richtext atau komposisi email HTML, buku alamat/kontak, sudah mendukung MIME, bisa kirim dari multiple sender identities, bisa mengkoreksi pengejaan/spell checking, ada 3 view column, fitur drag and drop untuk manajemennya, dan masih banyak fitur lainnya yang bisa memudahkan Anda sebagai pengguna webmail.

Install Roundcube

Ada beberapa langkah yang perlu dikerjakan untuk install Roundcube, silakan ikuti langkah-langkah berikut : 

Langkah pertama, pastikan kalian mempunyai file roundcube nya dulu. bisa download di disini
Upload file roundcube ke ftp server yang telah dibuat. lihat juga tutorialnya disini FTP Server
Gambar 1 . copy file roundcube
Setelah itu, kembali kepada Server Debian, lalu masuk ke direktori tempat menyimpan file RoundCube tadi, caranya seperti berikut :

Sekarang sobat salin file RoundCube ke direktori "/var/www". Berikut caranya :
Kemudian pindah ke direktori "var/www", caranya seperti berikut :
Selanjutnya kita akan mengekstrak file Roundcube tadi, karena ekstensi filenya yaitu "tar.gz", berikut cara mengesktrak filenya :
 Jika sudah, maka akan keluar folder dengan nama "roundcubemail-1.3.8", sekarang kita akan mengubah nama tersebut supaya mudah dihafal, misalnya namanya "roundcube", berikut cara mengganti namanya:
Langkah berikutnya kita akan mengkonfigurasi VirtualHost yang akan digunakan oleh Mail-Server. Sebelum lanjut, saya akan memberikan sedikit keterangan mengenai nama domain yang saya gunakan kali ini.

Nama domain yang saya gunakan adalah "pluviopedia.net", dengan subdomain "rcube.pluviopedia.net" jadi saya menambahkan subdomain baru yaitu "rcube." yang nantinya akan digunakan untuk redirect ke Web-Mail RoundCube.

Konfigurasi VirtualHost dengan cara masuk ke direktori "/etc/apache2/sites-enabled".
Selanjutnya kita ubah seperti pada gambar dibawah
Number 1: ubah menjadi seperti digambar (sesuaikan dengan domain sobat).
Number 2: isi sesuai dengan tempat tersimpannya file RoundCube tadi.
Number 3: sama halnya seperti number 2.
Jika sudah save dengan menekan CTRL + X, Y, Enter.
Karena kita membuat subdomain baru maka kita tambahkan subdomainnya, ketikan "nano /var/cache/bind/db.(namadb)" bisa juga lihat tutorial mengenai DNS Server disini DNS Debian 7
lalu ketikan perintah seperti gambar dibawah
 bila sudah restart apache dan bind nya dengan cara
"# service bind9 restart" dan "# service apache2 restart"

Selanjutnya, buatlah database dengan nama "roundcube" (bisa juga bebas) pada phpmyadmin, caranya silahkan buka web browser pada client yang sudah terkoneksi dengan Server Debian, lalu ketikan seperti ini "pluviopedia.net/phpmyadmin" Atau bisa juga menggunakan alamat IP seperti berikut: 192.168.30.1/phpmyadmin. Silahkan sesuaikan dengan konfigurasi kalian.
Gambar 2 . buat database


Masih pada web-browser, ketikan pada address bar yaitu "rcube.pluviopedia.net/installer"
Gambar 3 . Roundcube installer
Scrool kebahawah dan klik "Next", maka akan tampil seperti berikut:
Gambar 4 . Roundcube installer

Keterangan : Pada General Configuration, isi "product_name" dengan nama sesuka hati, kemudian untuk "support_url" isi dengan alamat url atau domainnya, misalkan disini yaitu rcube.pluviopedia.net
Scrool lagi kebawah sehingga sobat menemukan konfigurasi pada Database Setup, lihat gambar dibawah.
Gambar 5 . Roundcube installer
Pada Database Server, isi dengan "localhost", karena disini kita menggunakan server virtual dengan keadaan lokal server. Pada Database Name, isi sesuai dengan nama database yang sudah kalian buat tadi di phpmyadmin. Pada Database Username, isi dengan nama user yaitu "root", dan pada Database Password, isi dengan password databasenya. lalu scrool sampai bawah, lalu klik pada "CREATE CONFIG".


Selanjutnya masuk pada direktori RoundCube, lalu  berikan hak akses pada direktori "config", "temp" dan "logs", berikut cara konfigurasinya :
Jika sudah, kembali pada web browser di client, refresh browser tersebut, sehingga akan berubah menjadi seperti gambar berikut:
Gambar 6 . Roundcube installer
Klik "Continue" untuk melanjutkan.
Pada tampilan berikutnya, pada Check DB Config klik "initialize databse". Sehingga akan menjadi "OK" seperti gambar dibawah ini. 
Gambar 7 . Roundcube installer

Gambar 8 . Roundcube installer

Kembali pada Server Debian, masih pada direktori "/var/www/roundcube" hapuslah file dengan nama "installer", supaya saat dijalankan tidak redirect kembali ke proses konfigurasi. Caranya seperti berikut :
#rm -rf installer/

Kemudian restart konfigurasi web-server dengan perintah :
# service apache2 restart


Kembali ke web browser pada client, masukan kembali nama domain: rcube.pluviopedia.net pada address bar. Jika konfigurasi tadi berhasil maka akan tampil seperti gambar dibawah.

Gambar 9 . Roundcube  Login
 Untuk login nya kalian bisa menggunakan user yang telah dibuat saat mail server pada artikel sebelumnya Konfigurasi mail server

 Selanjutnya kita coba mengirim mail dari akun ke akun lainnya
Gambar 10 . Roundcube kirim mail
Gambar 11 . Roundcube terima mail
dan selesai..
berikut artikel mengenai mail server dengan Roundcube beserta konfigurasinya semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian 😉
Silahkan share artikel ini jika bermanfaat.
Jika ada pertanyaa silahkan komentar dibawah.

special thanks to :
Share on Google Plus

About Hibatul Wafi

Pluviopedia "Rainy your mind with knowledge" Sangat menyukai hujan, karena menurunkan air dari langit

0 Komentar:

Posting Komentar