Tutorial DNS Debian 7 di VirtualBox


Halo Sabahat pluviopedia, sudah pada tahu belum DNS itu apa? kalo belum Jadi apa itu DNS atau Domain Name Service ?



DNS atau Domain Name Service adalah sebuah server yang berfungsi menangani translasi penamaan host-host kedalam IP Address, begitu juga sebaliknya dalam menangani translasi dari IP Address ke Hostname/Domain. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya, bukan domainnya. Akan tetapi, manusia jauh lebih sulit dalam mengingat angka-angka dibanding dengan huruf. Contohnya saja, lebih mudah mana mengetikkan alamat ip 118.98.36.20 di browser dibandingkan dengan mengetik domain www.google.com saja? Tentunya lebih mudah mengingat yang www.google.com bukan? Untuk itulah DNS Server dibuat,dimana alamat IP akan diubah menjadi domain, begitu pula sebaliknya. Aplikasi DNS yang paling sering digunakan di debian adalah bind9.

Kita akan membuat server DNS lokal dengan menggunakan Debian 7, Lalu bagaimana konfigurasinya? Oke Kita langsung ketahap Konfigurasinya.

1. Install terlebih dahulu Paket DNS nya dengan cara "apt-get install bind9 -y"
2. Setelah Install Paket DNS nya selanjutnya lakukan konfigurasi berikut. 
"nano /etc/bind/named.conf"
3. Setelah melakukan konfigurasi diatas, maka akan tampil gambar berikut.
4. Dibaris paling bawah kalian tambahkan script seperti digambar berikut. Setelah konfigurasi selesai jangan lupa Save "Ctrl+X+Y+Enter".

5. Kemudian copy file forward dan reverse untuk konfigurasi lebih lanjut. File forward berfungsi untuk konversi dari Domain ke Ip Address da File Reverse berfungsi untuk konversi Ip Address ke Domain. Lakukan Konfigurasi seperti berikut.
File Forward 
File Reverse


6. Setelah melakukan Konfigurasi diatas. Kita Masuk ke File Forwardnya. Lakukan Konfigurasi berikut.

7. Setelah melakukan konfigurasi seperti diatas. Maka akan muncul tampilan berikut


8. Setelah masuk ketampilan diatas. Lakukan konfigurasi seperti berikut. Ubah nama localhost 
dengan domain yang anda buat pada saat konfigurasi di "nano /etc/bind/named.conf" disini domain saya pluviopedia.net. Nah disini saya akan memberi tahu cara cepat agar tidak satu satu mengganti/mengubah nama localhostnya. Caranya dengan cara "Ctrl => W + Ctrl => R + localhost + Enter + pluviopedia.net + Enter + Kemudian klik tombol A + Enter ".
Keterangan :

  • CTRL + W untuk Mencari
  • CTRL + R untuk Replace
  • Selanjutnya Tombol A untuk memilih semua yang akan di replace

Lebih jelasnya seperti gambar dibawah.
kerikan CTRL W dan CTRL R lalu Isikan Localhost, Untuk cari nama localhost kemudian Enter

9. Setelah melakukan hal diatas kemudian Repalce, maka akan seperti pada gambar dibawah Localhost sudah diubah menjadi domain yang sudah kita tentukan tadi. Kemudian dibagian bawah edit seperti gambah dibawah. IP 127.0.0.1 diubah menjadi IP kita misal IP saya 192.168.30.1 dan dibagian paling bawah diubah juga yang asalnya @ menjadi www dan AAAA menjadi A dan tambahkan IP kita 192.168.30.1 Kemudian save "CTRL+R+Y+ENTER", untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini

Replace dengan pluviopedia.net 

10. Kemudian masuk ke file reverse.

11. Setelah masuk ke file reverse maka akan tampil seperti gambar berikut

12. Lakukan hal yang sama pada saat mengubah nama localhostnya dengan cara "CTRL=>W + CTRL=>R + localhost + Enter + pluviopedia.net + Enter + A" . Ketika sudah diganti menjadi domain yang sudah kita tentukan tadi. Selanjutnya pada 1.0.0 diganti menjadi 3 blok akhir IP kita dan dibalik. Misalkan IP nya 192.168.30.1, Nah IP saya tersebut dibalik dan diambil 3 blok terakhir menjadi 1.30.168 . Lebih Jelasnya bisa dilihan gambar di bawah

13. Setelah melakukan kofigurasi diatas kemudian save "CTRL X+Y+Enter"
14. Setelah Save hasil konfigurasi diatas kemudian restart paket DNS / bind9 nya dengan cara "/etc/init.d/bind9 restart"


15. Setelah restart paket DNS/bind9 nya, Kalian tambahkan IP dan DNS server sesuai di Debian 7 virtual di PC kita/Client 



16. Setelah menambahkan IP, kemudian masuk ke CMD di PC kita/Client dan ketikan perintah berikut


  • nslookup 192.168.30.1 (IP Server DNS)
  • nslookup pluviopedia.net




17. Jika muncul seperti gambar diatas berarti konfigurasi kita berhasil
18. Kemudian test koneksi di CMD antara PC Client ke Server debian 7 kita di VirtualBox nya. Jika seperti gambar dibawah maka berhasil. 


Bagaimana mudah kan? jangan lupa share dan bila ada kekurangan tulis di kolom komentar ya, see you in next post

Share on Google Plus

About wapi

Pluviopedia "Rainy your mind with knowledge" Sangat menyukai hujan, karena menurunkan air dari langit

1 Komentar:

  1. Mau tanya min, itu nomer 15 kita masukin ip sama dns server di pc kita/client lebih tepatnya dimananya ya??

    BalasHapus