FTP Server Debian 7


Haloo sahabat pluviopedia, dihari ini saya akan membagikan informasi dan tutorial konfigurasi tentang FTP (File Transfer Protocol) pada Debian 7, sebelumnya kita akan mengenal dulu apa itu FTP ?

Apa itu FTP?

FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. FTP terdiri dari sebuah client dan sebuah server yang merupakan aplikasi yang memberikan akses/pertukaran transfer data antara dua komputer (client dan server).

Transfer file/data ini dapat terjadi antara komputer yang berbentuk mainframe dan sebuah komputer di jaringan lokal atau transfer data dapat terjadi dari komputer kita ke server FTP melalui internet. FTP merupakan aplikasi yang sangat berguna (powerful) karena aplikasi ini menyediakan akses kepada pengunjung atau user untuk mengakses data yang tersimpan pada server tersebut, dan dapat diakses oleh sejumlah besar komputer secara bersamaan.

Terus apa fungsi dari FTP?

File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang men-support TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang request koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar-menukar file (upload dan download file).

Fungsi FTP server adalah sebagai berikut:

  • Mensharing data.
  • Menyediakan indirect atau implicit remote komputer.
  • Menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
  • Menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
  • FTP dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore data Website dengan mudah.

Bagaimana cara kerjanya?

Prinsip kerja dari FTP adan menggunakan autentikasi standart yang mana untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server diperlukan username dan password, sehingga user yang terdaftar pada sistem memiliki hak akses untuk membuka direktori dan file yang ada didalamnya.

FTP client akan mengirimkan pesan untuk meminta layanan tukar menukar data pada FTP server. Setelah FTP client terkoneksi dengan FTP Server maka FTP Client dapat melakukan proses download, upload dan proses lain sesuai dengan izin dan hak akses yang diberikan oleh FTP server.

FTP sendiri terdapat 2 Metode saat login yaitu :

1. Anonymous Login
Anonymous Login yaitu user atau client dapat terkoneksi ke ftp server tanpa menggunakan username ataupun password. sehingga menjadikan server menjadi kurang aman.

2. Authentication Login
Authentication Login yaitu dimana user atau client jika ingin terhubung dengan ftp server harus menggunakan username dan password tertentu yang telah diatur oleh ftp server itu sendiri.

Bagaimana Konfigurasinya ?

Instal Dulu FTP nya dengan mngetikan "apt-get install proftpd"


Pilih Standalone / Mandiri pada tahap ini , lalu Ok
Buka dan edit file /etc/proftpd/proftpd.conf, dengan cara  ketikan "nano /etc/proftpd/proftpd.conf"
Disini saya merubah beberapa perintah seperti gambar dibawah, disini kita ubah pada bagian 'UseIPv6' awalnya 'ON' menjadi 'OFF' dan untuk 'ServerName' yang awalnya 'Debian' ubah menjadi nama 'domain' kita contoh yang punya saya 'pluviopedia.net',  jika belum mendaftarkan domainnya maka bisa menggunakan 'IP Address' kita. Jika sudah tekan 'CTRL+X' lalu 'Y' tekan 'Enter'
Karena kita belum mempunyai user/akun ftpnya, tahap selanjutnya kita akan mengkonfigurasi User untuk login ke FTP nya, akan kita buat dulu. Dengan memasukan perintah 'adduser (bebas)' disini kita hanya perlu mengisi 'Password' saja. Selebihnya kita hanya menekan tombol 'Enter',hingga ada perintah untuk mengetik 'Y/N' kita ketikan 'Y' lalu 'Enter'. Nah kita sudah membuat user ftpnya.
Menambah User

Masukan Password dan data lainnya (bisa dikosongkan)

Setelah itu kita akan mengeceknya apakah ftpnya berhasil atau tidak. Buka browser kalian boleh google chrome,mozilla,ataupun yang lain. Lalu ketikan 'ftp://(nama domain/ip address)'. Kalo berhasil tampilan akan seperti dibawah. dan isikan Username dan password yang yang telah kita buat tadi

FTP Akses dan Login User

Nah berikut tampilan awal setelah masuk ftp server.

Tampilan Awal

Kita disini akan menambahkan file/folder ke ftpnya. Buka 'File Explorer' kalian, sama seperti tadi ketikan 'ftp://(namadomain/ip address)' hingga muncul tampilan login. Siapkan file/folder nya yah untuk di copy kan dan paste kan di ftpnya.

File Exploler

Login User

Copy data kedalam FTP
Jika sudah maka kita kembali lagi ke browsernya dan masuk lagi ke ftp. Jika berhasil file yang kita unggah/copykan akan muncul di ftp browsernya.
File pada FTP
Seleai, Bagai Mana? Mudah Bukan ? semoga postingan kali ini dapat membantu, nantikan postingan selanjutnya, see you next post

Sumber : Pengertian, fungsi dan cara kerja FTP


Share on Google Plus

About Hibatul Wafi

Pluviopedia "Rainy your mind with knowledge" Sangat menyukai hujan, karena menurunkan air dari langit

3 Komentar: